Cari

SILVIANI FAJRIN

Terus Berjuang wkwk

kata kata di masa sekolah yang indah

masa masa waktu sekolah emng bgtu indah, dari yg awalnya diem2an karna gak kenal satu sama lain, sampe nangis bareng nantinya karna perpisahan. #sedih šŸ˜¦

masa masa sekolah emng berbeda dari tingkatannya SD,SMP,SMK/SMA bahkan sampe ke perguruan tinggi. kalo masa SD sama SMP mah jelas beda bnget, di SD kita blm mengenal atau tau apa itu namanya cinta, nah pas kita SMP pasti kita pernah mengalami yg namanya jatuh cinta atau bisas dibilang cinta pertama/pandangan pertama, yakan šŸ™‚ ya walaupun cintanya gapernah kesampean, atau anak anak sekarang bilang PMDK ( pendekatan mulu dapet kagak ) šŸ˜€

nih kata kata masa indah yg lucu di saat sekolah !!!

1. ingat ! lingkaran itu dibuletin bukan dicoblos pas UN
2. ga berani nyontek kalo yg ngawas gurunya killer
3. kalo ada guru yg nyuruh kedepan pasti kita berdoa semoga jngn saya yg disuruh maju
4. kalo lgi ada ulangan ada yg ngumpulin pertama pasti yg lainnya panik karna blm selesai
5. belajarnya cuman mau ulangan doang, itu juga pake sistem kebut malem #haha šŸ˜€
6. dikasih tugas 2 minggu ngerjainnya sehari sblum dikumpulin
7. sebel banget kalo udah bikin contekan panjang tpi di soal gada yg kluar satu pun # sia sia perjuangannya wkwk
8. berangkat kesekolah pagi pagi karna ada pr yg blm selesai dan mau nanya ama temen yg pinter
9. kalo dapet nilainya bagus pasti nanyain ketemen2 eh tapi kalo dpt nilai jelek, yaudah diem ajalah.
10. kalo ngerjain ujian nulisnya nama sndiri bkn nama pacar :-p

l-130.jpg

deg deg kan Menghadapi UN

Ujian nasional bukan sebagian hal yang mudah bagi siswa, ya kan? gua tau seorang siswa yang menduduki bangku di kls 3 entah SMP atau SMA,SMK pasti deg deg kan banget kalo ngedenger kata2 ujian Nasional, bahkan tetangga gua aja, sederajat sama gua si. sampe mau bunuh diri tau ga sih? gila parah banget kan sampe segitunya. jadi seakan akan tuh ujian nasional hal yang ngebuat orang stress, struk, gila, sampe mematikan šŸ˜€
ya tapi kalo gua si ngga ampe segitunya bahkan gua malah semangat untuk mengahadapinya, apalagi gua SMK ya kan. kalo misalkan gua ga ikut itu UN gmna gua mau dapet ijazah dan terus kerja. yaudah makanya jalanin aja lah. Banyak juga orang yang bilang begini ” lama lama sekolah ampe 6 tahun atau 3 tahun tapi yg dikejar kejar mah cuman 3 hari ” yaitu UN. iya si betul juga. semangat belajar dan terus berdoa aja untuk menghadapi UN nanti.

MAU SUKSES KAN LO, MAKANYA BELAJAR !!!

SMP UN ADAJOB.jpg

 

Manfaat Masker Susu dan Cara Membuatnya

Cara-Membuat-Masker-Susu-Untuk-Memutihkan-Kulit-Wajah.jpg
Susu merupakan minuman yang sehat dan bergizi. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Sedari kecil manusia selalu dianjurkan untuk minum susu agar semua kebutuhan tubuh terpenuhi. Pentingnya minum susu membuktikan bahwa susu memang memiliki banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya adalah mencegah osteoporosis, mencegah kerusakan gigi, menghindarkan dari kanker usus, mempercepat pertumbuhan pada anak, melindungi pencernaan tetap sehat, obat alami bagi yang sulit tidur, mengganti cairan yang hilang, mengurangi PMS pada wanita, dan memiliki komposisi gizi yang lengkap.

Manfaat Masker Susu untuk Kecantikan

Tidak hanya manfaat bagi kesehatan, namun susu juga bermanfaat dalam dunia kecantikan. Para ahli meyakini bahwa susu memiliki kandungan yang mampu mencerahkan kulit, memutihkan dan manfaat lainnya. Untuk lebih jelasnya, simaklah ulasan mengenai manfaat masker susu bagi kecantikan berikut ini:

ā€¢ Menghilangkan mata panda

Bagi anda yang suka begadang, efek yang didapat salah satunya adalah mata panda atau lingkar mata anda berwarna kecokelatan. Untuk mengatasinya siapkan susu dingin, kemudian celupkan kapas ke dalam susu tersebut. Kompreskan kapas tersebut pada bagian lingkar mata. Diamkan selama 5 menit agar nutrisinya terserap. Bilas dengan air bersih.

ā€¢ Mencerahkan kulit

Aplikasikan secara langsung susu putih pada wajah. Gunakan sebagai masker wajah. Diamkan kurang lebih selama 15-20 menit, setelah kering bilaslah dengan air bersih. Kandungan susu dipercaya memiliki manfaat yang mampu mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit semakin cerah. Selain itu anda bisa menggunakan secara langsung 1,5 liter susu untuk mandi seperti biasa untuk mendapatkan manfaatnya.

ā€¢ Mencegah penuaan dini

Kandungan kalsium, protein, dan zat besi yang terkandung dalam susu mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati, sehingga mampu mencegah penuan dini yang ditakuti oleh banyak wanita. Caranya yaitu dengan menghangatkan susu murni kemudian celupkan kapas ke dalamnya. Setelah kapas basah oleh susu, tempelkan pada wajah secara merata. Diamkan sampai suhunya berpindah pada wajah anda dan menjadi dingin. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih dengan ditepuk-tepukkan saja.

ā€¢ Membersihkan wajah

Bagi anda yang memiliki kulit kering, anda bisa mencoba menggunakan susu sebagai pembersih. Caranya dengan mengompres wajah dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam susu sapi segar atau full krim agar kelembaban kulit anda kembali. Sedangkan bagi anda yang memiliki wajah berminyak, lakukan cara yang sama di atas hanya bedanya adalah pilihlah susu yang jenisnya adalah susu krim yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit.

ā€¢ Mendinginkan kulit

Paparan sinar matahari memang menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satu diantaranya adalah membuat wajah terasa panas dan terbakar. Untuk meredakan efek panas ini anda bisa menggunakan susu dingin sebagai masker. Caranya sederhana, yaitu celupkan handuk bersih ke dalam susu dingin tersebut lalu basuhkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Beri sedikit pijatan agar protein susu bisa terserap sempurna. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel cara mengatasi kulit terbakar sinar matahari.

ā€¢ Memperkecil pori-pori

Masalah pori-pori besar memang menimbulkan berbagai macam masalah. Komedo dan jerawat bisa tumbuh jika lubang pori-pori membesar dan terkena udara kotor. Sehingga mengakibatkan kuman terjebak dan mudah berkembang biak. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai susu jenis sour krim atau susu asam. Lakukanlah dengan mengambil sour cream secukupnya untuk diaplikasikan pada wajah dan leher secara merata. Biarkan kandungannya terserap maksimal ke dalam kulit dengan membiarkannya mengering dengan sendirinya selama kurang lebih 14-20 menit. Setelah kering lakukan pembersihan seperti biasanya.

Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit

2498_KESEHATAN_MASKER.jpg
Kunyit adalah tanaman yang biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masakan. Rempah ini berasal dari keluarga jahe-jahean. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara yang kemudian tersebar hingga ke benua Eropa. Manfaat kunyit selain sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat, dan ramuan-ramuan kecantikan. Cara mengonsumsinya pun beragam, bisa dengan memadukannya dengan bahan lain atau bisa juga langsung diminum dan tidak jarang digunakan dalam bentuk masker.

Cara yang umum dilakukan untuk membuat masker kunyit adalah dengan mengupas kunyit hingga bersih kemudian menumbuk atau bisa diblender hingga halus. Bisa diaplikasikan langsung pada bagian tubuh yang diinginkan atau terkadang dicampur dengan bahan lain agar hasil lebih maksimal. Misalnya dengan madu, jeruk nipis, minyak zaitun, susu, putih telur, yogurt, tomat, tepung beras dan bengkoang.

Manfaat Masker Kunyit untuk kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari kunyit bagi kecantikan, Anda bisa membuat masker wajah yang terbuat dari kunyit.

ā€¢ Menghilangkan jerawat

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan mencampurkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok dengan bahan lain seperti madu dan yogurt. Aduk hingga mengental sampai membentuk pasta lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit agar mengering. Setelah kering bilaslah dengan air sampai bersih. Pastikan warna kuning dari kunyit tidak menempel pada wajah.

ā€¢ Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah hal yang menakutkan bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Untuk mencegahnya gunakan masker kunyit yang dikombinasikan dengan tepung beras, susu, dan jus tomat. Dengan perbandingan bubuk kunyit 2 sendok makan dan bahan lainnya cukup 1 sendok makan. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, kemudian pakailah masker tersebut pada wajah anda. Seperti biasa, diamkan 15 menit dan bilas setelah mengering.

ā€¢ Antipigmentasi

Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptic dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi. Oleskan jus mentimun yang telah dicampur dengan bubuk kunyit pada wajah. Diamkan 20-30 menit hingga terserap. Lakukan pembilasan dengan air bersih setelah masker kering.

ā€¢ Mengangkat sel kulit yang mati

Jika sel kulit mati terangkat maka efeknya adalah kulit yang segar dan bersih. Anda dapat melakukannya sendiri dengan membuat scrub di rumah. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan tepung chickpea secukupnya lalu gunakan untuk menggosok tubuh sebelum mandi. Aman diaplikasikan pada wajah, lakukan dengan lembut.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Jika anda tidak mau repot dengan menghaluskannya, anda bisa memperolehnya dalam bentuk bubuk yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa manfaatnya:

ā€¢ Mengobati bekas luka

Caranya mudah sekali yaitu dengan menaruh masker kunyit dengan campuran minyak zaitun secukupnya pada bagian bekas luka. Diamkan hingga mengering dan lakukan ini secara rutin.

ā€¢ Merangsang keluarnya ASI

Bagi wanita menyusui, debet ASI yang keluar diharapkan cukup agar kebutuhan bayinya terpenuhi. Cobalah dengan mengaplikasikan bubuk kunyit pada area payudara dan biarkan beberapa saat. Setelah dirasa cukup, bilas bersih dengan air yang bersih.

ā€¢ Mengatasi tumit pecah-pecah

Tumit kasar dan pecah-pecah bisa diatasi dengan masker kunyit. Caranya hampir sama dengan penggunaan masker pada umumnya. Letakkan masker kunyit pada bagian tumit kasar dengan sedikit menggosok dan biarkan beberapa lama. Tunggu hingga mengering kemudian bilas.

ā€¢ Mengurangi rambut rontok dan ketombe

Nutrisi yang terdapat pada kunyit diyakini mampu mengatasi masalah ketombe ini. Caranya yaitu dengan mengoleskan parutan kunyit pada bagian kulit kepala saja. Diamkan beberapa saat hingga meresap. Lakukan sebelum keramas paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Selain masker kunyit, masih banyak bahan alami yang bisa dijadikan bahan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Diantaranya adalah masker beras dan masker mentimun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Manfaat Masker Pisang untuk Kecantikan Kulit Wajah

pisang.jpeg
Pisang adalah salah satu buah-buahan yang mengandung potasium. Kandungan ini bermanfaat untuk menghindari foggy brain atau otak yang berkabut. Foggy brain adalah suatu penyakit dimana tiba-tiba kita lupa mau melakukan apa atau mau berbicara apa. Memang terkadang semua ini sering di alami oleh orang banyak. Dan pisang menjadi jawaban untuk menghindari hal itu. Ternyata selain dapat dimakan dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya, pisang dapat di buat untuk kecantikan. Ya benar pisang dapat dibuat sebagai masker wajah alami untuk menunjang kecantikan kita.

Manfaat Masker Pisang

Berbagai manfaat yang di berikan masker pisang bagi kecantikan wajah kita yaitu sebagai berikut:

1. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Aktivitas padat dan tuntutan pekerjaan di lingkungan luar atau perjalanan debu dan kotor yang kita hadapi setiap harinya merupakan alasan-alasan mengapa kulit kita terdapat sel-sel kulit mati. Karena itulah pisang bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah kita.

2. Kulit wajah yang halus

Pastinya setiap wanita sangat menginginkan kehalusan dalam wajah mereka. Sekarang impian anda akan terjawab. Tak perlu dokter mahal, tak perlu juga kosmetik dengan harga jutaan. Cukup dengan membeli buah pisang membuatnya menjadi masker dan impian wajah halus pun mendatangi kita.

3. Kekencangan kulit

Manusia bertumbuh dengan umur yang lama-lama semakin tua. Oleh karena itulah lama kelamaan pula menurunkan intensitas kekencangan kulit. Untuk mencegahnya anda bisa membuat masker pisang agar bisa mengencangkan kulit wajah anda walaupun usia bertambah. Karena pisang mengandung vitamin E yang dapat membantu pengencangan kulit wajah.

4. Memusnahkan jerawat

Benda ini adalah hal yang paling dikesali oleh sebagian wanita. Ya benar yaitu jerawat. Benda yang sangat mengganggu, walaupun bentuknya kecil. selain merusak keindahan wajah jerawat juga sering memberikan rasa sakit yang benar-benar mengganggu para wanita. Inilah jawaban bagi para wanita. Dengan pemakaian masker pisang secara teratur, dipercaya ampuh memusnahkan jerawat. Tak perlu obat dan kosmetik mahal, cukup dengan yang alami, terpercaya dan bermanfaat.

5. Pencerah kulit

Selain kulit putih. Wanita juga menginginkan kulit yang cerah. Oleh karena itulah kulit cerah sedang dicari sebagian wanita. Putih pucat atau kusam merupakan hal yang merusak keindahan tubuh. Tapi tak perlu khawatir. Tak perlu uang banyak untuk membeli pemutih atau pencerah kulit. Ternyata masker pisang bisa di jadikan sebagai pencerah kulit wajah yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kulit wajah anda.

Cara Membuat Masker Pisang

Setelah mengetahui manfaatnya. Sekarang perlu kita ketahui bagaimana cara membuat masker pisang untuk di pakaikan ke wajah sehingga manfaat-manfaat tadi dapat kita rasakan. Berikut adalah cara membuat masker pisang:

1. Siapkan 3 buah pisang, madu dan buah lemon
2. Hancurkan atau lumatkan pisang menjadi seperti bubur
3. Peras jeruk lemon, lalu campurkan 1 sendok air perasan itu ke dalam adonan masker
4. Campurkan pula 1 sendok madu
5. Aduk merata sehingga menjadi satu adonan masker pisang

Cara Menggunakan Masker Buah Pisang

1. Bersihkan dahulu wajah kita dengan air bersih
2. Oleskan masker pisang ke atas wajah
3. Lalu tunggu sampai 20-30 menit
4. Bilas dan bersihkan wajah dengan air hangat
5. Basuh dengan air dingin sehingga pori-pori tertutup

Itulah manfaat, cara membuat dan juga cara memakai masker pisang. Tidak sulit bukan untuk mengaplikasikannya sebagai masker kecantikan anda. Tak perlu uang banyak dan perawatan yang banyak untuk menghasilkan kulit cantik.

20 Manfaat Vitacid Untuk Kulit Wajah

Apakah Vitacid itu?Ā 

Vitacid adalah obat manjur yang diformulasikan khusus untuk mengobati dan menyembuhkan bintil bintil kecil diwajah atau lebih dikenal dengan sebutan jerawat. VitacidĀ  mengandung antibiotik kuat yang berguna untuk mempercepat penyembuhan dan membunuh bakteri penyebab jerawat dari dalam. Vitacid berbahan dasar keras bernama tretinoid yaitu sebuah enzim yang masih berhubungan dengan vitamin A, tetapi cara kerja vitacid dalam mengobati jerawat yang membandel sekalipun terbukti sakti mandraguna!

Inilah manfaat vitacid bagi kesehatan kulit wajah:

Ada 20 manfaat vitacid bagi kulit wajah yang dapat meningkatkan kualitas kulit dan mencegah penuaan dini, berikut adalah listnya.

  1. Dapat mengurangi dan menyembuhkan radang kulit yang disebabkan jerawat membandel
  2. Dapat mengeluarkan isi jerawat relatif cepat
  3. Dapat memudarkan dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat
  4. Dapat menyamarkan parutĀ  wajahĀ  akibat peradangan oleh bakteri penyebab jerawat
  5. Mencerahkan kulit yang kusam dan gelap
  6. Menghaluskan struktur kulit yang kasar dan kering
  7. Sebagai anti aging (mencegah penuaan dini)
  8. Selama proses perawatan tidak dianjurkanĀ  melakukan aktivitas facial , feeling dan totok wajah
  9. Merangsang regenerasi kulit yang mati dan menebal
  10. Memperbaiki, melindungiĀ  dan merangsang pembentukan kolagen baru
  11. Sebagai antioksidan aktif untuk melindungi kulit dari radikal bebas
  12. Sebagai antiseptik yang mampu melindungi kulit dari iritasi
  13. Meratakan warna kulit yang belang akibat penggunaan kosmetik yang salah
  14. Sebagai pelembab wajah
  15. Dapat menyeimbangkan kadar kelembaban kulit
  16. Membuat kulit bercahaya
  17. Dapat menghilangkan bisulĀ  bisul kecil dan ruam diwajah
  18. Sebagai antibiotik kuat untuk menyembuhkan luka dari dalam
  19. Sebagai krim malam agar wajah tetap sehat bebas jerawat
  20. Dapat menetralkan racun yang dibawa oleh kuman atau bakteri pada jerawat yang meradang

Vitacid relatif aman digunakan dalam jangka panjang asalkan sipengguna mematuhi segala peraturan yang diberlakukan oleh pihak vitaci. Peraturan dan larangannyaĀ  tentera dipembungkusnya. Vitacid adalah salah satu obat jerawat yang dipercaya dan menjadi rekomendasi oleh para ahli kecantikan dan dokter kulit.

Vitacid mempunyai tigaĀ  (3) golongan dengan tingkat tretinoid yang berbeda dengan daya kerjanya yang berbeda pula.

vitacid

1.Vitacid berbentuk gel

Karena berbentuk gel,Ā  tampilan krimnya sedikit kenyal dan sedikit padat. Vitacid gel tidak mengandung alkohol (0 persenĀ  alkohol )Ā cocok untuk yang memiliki jenis kulit sensitif. Vitacid gel memiliki kandunganĀ  bahan aktif tretinoid yang tinggiĀ  yaitu 0,025 persen tetapi aman bagi kulit karena tidak disertai alkohol.

2.Vitacid berbentuk lotion

Karena berbentuk lotion, tampilannya lebih encer dan berstruktur ringan tak berminyak. Vitacid lotion memakai alkohol tetapi mempunyai kandungan tretinoid sedang yaitu 0.05 persen, cocok untuk semua jenis kulit kecualiĀ  kulit sensitif. vitacid jenis lotion paling diminatiĀ  banyak konsumen, karena struktur lotionnya yang lembut tak berminyak, mudah untuk diaplikasikan kewajah.

3. Vitacid berbentuk krim

tampilannya lebih padat dan tidak mudah tumpah. Vitacid krim mengandung alkohol tetapi mempunyai kandungan tretinoidĀ  yang bisa disesuaikan dengan tingkat kerusakan atau peradangan yang terjadi pada kuli wajah. ada yang 0,025 untuk kulit sensitif,Ā  0,05 persen untuk semua jenis kulit dan 0,1 persen untuk pengobatan kulit yang meradang dan memerlukan penanganan khusus.

Cara kerja tretinoid dalam merawat dan mengobati jerawat adalah mematikan bakteri penyebab jerawat, memadatkan isi jerawat , setelah jerawat nampak matang kemerahanĀ  barulah enzim tretinoid bekerja mengeluarkan isi jerawat lalu melindungi bekas jerawat dengan tigaĀ  daya kerja anti aging, antibiotik dan antiseptik.Ā  Ketiga bahan ini dapat mempercepat penyembuhan dan memudarkan flek hitam diwajah.

Tugas tretinoidĀ  sangat kompleks karena bisa merangsang regenerasiĀ  sel kulit yang sudah menua sekaligus mampu membuat kulit wajah yang matiĀ  dan menebal mengelupas secara alami dan menjadikan kulit tampil lebih cerah dan menarik. Tetapi perlu diwaspadai setelah wajah bersih dan bebas jerawat disarankan tidak terpapar sinar matahari terlalu lama, karena akan membuat wajah terasa panas dan kemerahan yang beberapa orang mengalami gatal gatal juga. Ini terjadi karena kulit wajah yang cenderung mengalami pengelupasan akan lebih sensitif ketika merespon paparan langsung dariĀ  sinarĀ  ultraviolet.

Semua obat jerawat mempunyai efek negatifnya masing masing, begitu juga dengan vitacid. Jika wajah dalam proses perawatan vitacid laluĀ  terpapar sinar matahari terlalu lama, makaĀ  Vitacid yang digunakan pada wajah akan mempercepat dan memperbanyak aktifitas fotosensitifitas dimana kulit akan terasa pedih, terbakar dan memerah. Jika hal ini terus menerus menimpa kulit wajah maka kemungkinan besar dapat memicu munculnya sel kanker kulit.

Cara agar aman setelah memakai vitacid dalam jangka panjang:

  • Hindari paparan sinar matahariĀ  langsung , jika mengharuskan berada ditengah terik matahari gunakan payungĀ  atau topi
  • Rajin dan konsisten menggunakan sunblock dengan spf 24 sampai 30
  • Jangan mengoleskan krim atau pelembab kulitĀ  yang mengandung whitening dan lightening , tetap pakailah sunblock. Krim whitening dan lightening tidak cukup kuat melindungi kulit dari sengatan ultraviolet yang mengandung radiasi UVA dan UVB serta radikal bebas yang menyertainya.
  • Gunakan vitacid ketika tidur malam, karena hanya pada saatĀ  istirahat malamlah sel kulit merespon dengan cepat khasiat yang terkandung didalam vitacid untuk mencapai sel kulit terdalam.
  • Ketika dalam proses perawatanĀ  dan penyembuhan menggunakan vitacid dilarangĀ  menggunakan pelembab atau kosmetik merk apapun, karena zat kimia yang ada dalam kosmetik lain akan berbenturan dengan vitacid yang hanya akan merusak kulit yang awalnya sudah baik.
  • Saat menggunakan vitacid jangan dibarengi dengan pemakaian bedak, walaupun menggunakan bedak bayi sekalipun karena akan membuat daya kerja dari vitacid tidak maksimal.
  • Sesekali basuhlah wajah dengan air dingin agar selalu segar dan membuat otot otot wajah menjadi siap kembali untuk diolesi vitacid
  • Imbangi dengan asupan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan kulit wajah ,misalnya rajin menyantap buah alpukat, apel dan kiwi, karena ketiga buah ini mempunyai kandungan vitamin E yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk antioksidan aktif dan keremajaan kulit wajah.

Vitacid hanya diperbolehkan digunakana oleh orang dewasa pria atau wanita, setidaknya sudah berusia lima belas belas tahun. Karena dibawah usia itu sel kulit masih berkembang alami dan karakter kulitnyaĀ  masih terlalu muda dan sangat sensitif, masih belum perlu menggunakan vitacid ketika wajahnya berjerawat.Ā  Untuk Ibu hamil dan menyusui dilarang menggunakan vitacid karena bahan bahan aktif yang ada dalam vitacid dapat mengganggu produksi air susu ibu dan janin.

Perlu anda ketahui bahwa Vitacid adalah obat anti jerawat yang telah terbukti memiliki banyak manfaat. Selain menghilangkan jerawat dapat pula mencerahkan wajah dengan teknik pengelupasan kulit dan kandungan anti agingnya dapat meremajakan sel kulit yang sedang dalam proses pengelupasan. Penggunaan vitacid relatif aman dan bisa dipakai setiap hari dan cocok untuk pria dan wanita.Ā ā€œUlasan diatas disesuaikan dengan pernyataan beberapa pengguna vitacid yang berhasil diwawancaraiā€

Manfaat Lilin Lebah untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lilin lebah atau yang dikenal dengan nama beewax mungkin merupakan salah satu benda yang agak kurang familiar di telinga kita. Lilin lebah ini pada dasarnya merupakan sejenis lilin atau malam yang diproduksi oleh lebah. Dimana terdapat kemungkinan bahwa lebah mengorbankan produksi madu mereka untuk menghasilkan lilin lebah ini. Lilin lebah sendiri penggunaannya memiliki banyak sekali manfaat, namun demikian masih kurang familiar bagi kebanyakan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

manfaat lilin lebahBagaimana lilin lebah terbentuk ??

Lilin lebah diproduksi oleh sarang lebah, yang tersusun atas ester asam lemak dan juga berbagai senyawa alkohol. Secara alami, lilin lebah diproduksi oleh delapan kelenjar lilin yang dimiliki oleh lebah pekerja. Ketika diproduksi, lilin lebah akan menghasilkan warna putih, namun akan berubah warna menjadi kuning dan juga menjadi kecoklatan yang disebabkan oleh campuran dari prolen dan juga propolis lebah.

lilin lebah ataupun yang sering dikenal dengan nama beewax ini meskipun masih kurang familiar di telinga orang banyak, namun ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat lilin lebah yang banyak digunakan adalah sebagai bahan pengobatan alternatif, yang diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa kegunaan lilin lebah :

1. Bahan tambahan makanan

Lilin lebah bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan. Meskipun disebut sebagai jenis lilin atau malam,namun demikian, ternyata lilin lebah bisa dimakan dan juga dikonsumsi oleh manusia. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk lilin lebah, lilin lebah itu sendiri pun bisa juga dicampurkan dalam berbabagi macam bahan makanan yang bisa anda kreasikan sendiri.

Sejumlah yang biasa ditambah dalam masakanĀ yaitu :

2. Bahan kosmetik

LilinĀ lebah banyak digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan kosmetik. Beberapa pabrik dan juga produsen kosmetik sering memanfaatkan penggunaan lilin lebah dalam setiap produksi dari barang dan juga produk kosmetik serta produk kecantikan yang merka buat dan dijual ke pasaran. Lilin lebah yang terkandung di dalam produk kosmetik memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan dari siapapun yang menggunakan produk kosmetik dan juga produk kecantikan tersebut.

Herbal lainnya yang banyak digunakan dalam kosmetik yakni :

3. Bahan pembuatan model patung

Pernahkah anda mendengar mengenai patung model yang terbuat dari lilin? Ya, inilah manfaat lilin lebah berikutnya. Lilin lebah sering dimanfaatkan sebagai media pembuatan patung dan juga model. Biasanya, lilin lebah digunakan untuk membuat patung model seseorang. Hal ini merupakan salah satu bahan dasar kesenian alternatif, selain menggunakan manfaat batu alam dan juga manfaat kayu jati.

4. Campuran zat pewarna lukisan dan ornamen

Manfaat lilin lebah berikutnya adalah sebagai campuran dalam zat pewarna pada lukisan dan juga ornamen tertentu. Lilin lebah dapat membantu membuat pembentukan dari zat pewarna, sehinggga lukisan dan juga berbabagi ornamen yang telah dibuat oleh para seniman memiliiki warna yang indah dan juga menarik, sehingga akan menjadi suatu karya seni yang luar biasa.

Zat pewarna alami lainnya juga bisa menggunakan :

5. Pengisi lubang pada gigi berlubang

Ternyata kegunaan lilin lebah juga dapat diberikanĀ pada ilmu kesehatan. Ya, lilin lebah juga memilki manfaat yang sangat baik untuk membantu dokter gigi dalam menambal gigi pasiennya yang mengalami lubang. Namun, penggunaan ini mungkin sudah kalah dengan penggunaan dari bahan kimia silikon yang dinilai lebih praktis dan juga lebih mrah.

6. Sebagai antiseptik untukĀ mengobati luka

Bagi anda yang mengalami luka pada kulit, maka cobalah untk memanfaatkan khasiat dari lilin lebah. Manfaat lilin lebah ini adalah untuk membantu mengobati luka, sehingga cepat sembuh dan juga luka yang anda alami bisa cepat mengering dan tidak mengalami infeksi. Ingat, luka yang sudah terlanjur mengalami infeksi dapt menyebabkan banyak sekali komplikasi gangguan kesehatan, yang tentu saja berbahaya bagi tubuh kita.

Kandungan antiseptik pada umumnya juga ditemui pada :

7. Membersihkan kotoran telinga

Kegunaan lilin lebah berikutnya adalah untuk membantu membersihkan kotoran telinga. Ya, metode ini merupakan salah satu metode tradisional yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk membersihkan telinga. Dengan menggunakan lilin lebah, maka telinga akan menjadi lebih mudah untuk dibersihkan, sehingga dapat mengurangi gejala gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kotoran pada telinga yang tidak pernah dibersihkan.

Untuk membersihkan kotoran telinga juga dapat menggunakan :

8. Mampu meningkatkan pendengaran

Bagi anda yang mungkin sudah mengalami penurunan dari fungsi pendengaran, mungkin anda dapat mencoba memanfaatkan lilin lebah. Lilin lebah memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan fungsi dari indera pendengaran anda, sehingga indera pendengaran anda akan menjadi lebih baik lagi, dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada indera pendengaran.

9. Dapat mengobati penyakit lupus

Lilin lebah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati gangguan kulit, salah satunya adalah penyakit lupus. Lilin lebah sudah menjadi salah satu bentuk pengobatan alternatif yang diyakini mampu untuk membantu menyembuhkan salah satu jenis penyakit kulit yang membahayakan ini. Pengobatan lupus lainnya bisa menggunakan :

10. Mengatasi masalah kulit

Beberapa masalah kulit lainnya, seperti kulit yang alergi, gatal-gatal dan mengalami eksim bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat pengobatan dari lilin lebah. Anda dapat menggosokkan lilin lebah pada bagian kulit yang mengalami masalah dan juga gangguan kesehatan. Lalu akan sembuh dengan pengobatan yang teratur. Masalah kulit pun akan hilang.

Untuk mengatasi permasalahan kulit ini bisa menggunakan :

11. Membantu penyembuhanĀ luka bakar

Selain luka biasa yang muncul pada bagian kulit, lilin lebah juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Luka bakar yang seringkali disebabkan oleh keteledoran diri sendiri bisa didinginkan dan juga disembuhkan dengan cara menggosokkan atau mengoleskan lilin lebah pada bagian kulit yang mengalami luka bakar tersebut.

Penyembuhan luka bakar ini juga bisa menggunakan :

12. Membantu proses pengawetan mayat

Ternyata, pada jaman dahulu kala, pemanfaatan lilin lebah pun sudah sangat terkenal. Lilin lebaha seringkali juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengawetan, seperti pengawetan pada mayat.

Manfaat Kesehatan Lainnya dari Lilin Lebah

Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, lilin lebah masih memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan dan pengobatan penyakit. Hal ini berhubungan dengan kondisi penyakit peradangan dan Ā penyakit ringan yang seringkali terjadi pada diri kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat lilin lebah lainnya :

  • Sebagai obat untuk melawan proses penuaan
  • Sebagai ekspektoran untuk mengobati batuk
  • Mengobati peradangan hidung
  • Meningkatkan sekresi asam lambung
  • Dapat mengobati radang pada usus besar
  • Mengobati luka bakar mata
  • Mengobati kornea mata yang mengalami kerusakan

itulah beberapa manfaat dari lilin lebah. Semoga artikel mengenai manfaat lilin lebah ini dapat membantu menambah wawasan anda dan juga dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima Kasihā€¦

7 Manfaat Memakai Handbody Sebelum Tidur Malam

Manfaat Memakai Handbody Sebelum Tidur Malam sangat banyak sekali, karena akan membantu menutrisi kulit dan bahkan untuk hal yang tidak terduga. Handbody lotion atau yang umum dikenal dan disebut dengan istilah handbody adalah salah satu element yang nyaris selalu ada di kotak make-up atau meja rias siapapun. Tak hanya wanita, kaum Adam pun tak jarang menggunakan handbody karena ia dipercaya dapat menghindarkan kulit dari kekeringan dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan kulit. Jika tak menggunakan sunblock, maka mereka yang terbiasa memiliki kontak dengan matahari dipastikan akan menggunakan handbody karena memang memiliki efek menyejukkan kulit.

Umumnya, handbody digunakan setelah mandi atau sebelum beraktivitas di luar. Aroma handbody yang harum dan menyejukkan juga akan menambah kepercayadirian pemakainya ketika berinteraksi dengan orang lain. Apalagi dengan menggunakan handbody, tangan pemakainya akan lembut sehingga ketika bersalaman, ia bisa meninggalkan kesan mendalam. Selain pemakaian setelah mandi atau sebelum berangkat ke luar rumah, handbody juga umum digunakan di momen-momen lain semisal setelah luluran, ketika bekeringat juga sebelum tidur malam.

Beberapa pakar kecantikan bahkan merekomendasikan pemakaian yang demikian dijadikan rutinitas dan kebiasaan karena manfaatnya yang begitu besar. Beberapa di antara manfaat menggunakan handbody sebelum tidur malam adalah sebagai berikut;

1. Memperbaiki Kekenyalan dan Elasitisitas Kulit

Manfaat Memakai Handbody Sebelum Tidur Malam yang pertama adalah untuk kulit. Sebagian besar handbody memiliki kandungan pelembap atau moisturizer yang dapat memperbaiki kekenyalan serta elastisitas kulit. Dua hal tersebut dapat berkurang kadarnya bahkan rusak ketika kulit mengalami kontak dengan sinar matahari sehingga pemakaian handbody sebelum tidur berfungsi memperbaiki kerusakan tersebut dan mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit. Apalagi pada malam hari, kulit banyak kehilangan kandungan air sebanyak kurang lebih 25% sehingga kelembabannya akan berkurang. Di sini, handbody memainkan peran penting dalam mengembalikan bahkan meningkatkan kelembaban kulit tersebut.

2. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Normalnya, kulit mengalami regenerasi setiap 28 hari sedang pelepasan sel-sel kulit mati setiap 28 jam. Handbody yang dioleskan di malam hari dapat mempercepat regenerasi karena mampu melepas sel-sel kulit mati lebih cepat dari biasanya. Ini juga didukung oleh faktor waktu di mana malam hari merupakan momen ketika proses regenerasi bekerja maksimal yang ditandai dengan terbukanya pori-pori kulit. Ketika proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat, kesegaran, kelembaban dan kesehatan kulit dapat terjaga karena sel-sel kulit mati yang menjadi benalu otomatis tergantikan dengan sel kulit baru.

3. Mengatasi Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Mengoleskan handbody di bagian-bagian tubuh yang rentan kering atau pecah-pecah, semisal tumit, lutut dan siku sebelum tidur dapat sangat efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Ini disebabkan pada saat tidur, kulit dapat menyerap seluruh nutrisi yang terdapat dalam handbody dan pemakaianya cenderung tidak banyak bergerak sehingga bagian-bagian yang pecah dan kering bisa perlahan diatasi.

Selain itu secara umum, handbody juga dapat menyegarkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan baik karena sinar matahari atau efek pemakaian Air Conditioner di tempat kerja lebih-lebih di tempat tidur. Untuk itu, jika kamar tidur Anda ber-AC, pastikan Anda menggunakan handbody sebelum tidur malam sehingga kulit Anda tidak kering dan dapat tetap tampak segar serta sehat.

4. Membantu Menciptakan Tidur yang Berkualitas

Aroma wangi dan menyejukkan dari handbody dapat membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas karena suasana nyaman dan rileks yang Anda rasakan. Setelah beraktivitas seharian dan didera rasa lelah, terapi yang diberikan aroma dan kelembutan handbody dapat mempercepat proses Anda terlelap, mencegah insomnia dan memberi Anda momen tidur yang berkualitas.

5. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi

Menggunakan handbody sebelum tidur malam dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi karena pori-pori kulit tengah terbuka pada waktu malam hari. Nutrisi yang terkandung dalam handbody tak jarang tidak terserap sempurna oleh kulit karena posisi pori-pori yang tertutup atupun terhalangi oleh kotoran dan bakteri yang menempel. Karena itulah pemakaian handbody juga disarankan setelah mandi karena ketika itu, kulit berada dalam keadaan bersih dan karenanya ā€˜siapā€™ menerima nutrisi. Dengan demikian, memakai hanbody sebelum tidur malam dan setelah mandi merupakan treatment yang sempurna untuk kulit Anda.

6. Menyehatkan Kulit

Malam hari adalah waktu kulit bekerja sehingga jika Anda dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik, kulit Anda akan sehat dan segar. Selain mendapat nutrisi dari asupan makanan yang Anda konsumsi, kulit juga membutuhkan asupan langsung seperi dari handbody, sunblock, krim malam dan lain sebagainya. Di antara macam-macam nutrisi untuk kulit tersebut, handbody terbilang yang paling umum dan paling dasar sehingga memakainya secara rutin adalah kebutuhan mendasar bagi kulit Anda.

7. Mengusir Nyamuk

Selain menjadi ā€˜jam makanā€™ kulit, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan handbody karena aroma wangi yang dimilikinya juga berguna dalam mengusir nyamuk. Salah satu faktor yang dapat merusak kualitas tidur adalah gangguan nyamuk yang tak hanya menggigit, akan tetapi juga mengeluarkan bunyi yang menggangu. Dengan menggunakan handbody sebelum tidur malam, Anda dapat meraup dua keuntungan, yakni terhindar dari serangan nyamuk sekaligus melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda.

19 Manfaat Gluta Drink untuk Kulit Diet Kesehatan

fhfjugft.jpeg
Apa itu gluta drink? Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu gluta drink. Nah, gluta drink merupakan suatu minuman serbuk yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami yang sangat baik untuk tubuh kita. Gluta drink memiliki banyak sekali nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalam gluta drink :

  1. Collagen
  2. Vitamin E
  3. Vitamin C
  4. Glutathione
  5. Bubuk coklat

Manfaat dari gluta drink tidak lepas dari kandungan nutrisi pentingnya, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat dari gluta drink :

1. Antioksidan

Manfaat pertama dari gluta drink ini adalah mampu menjadi antioksidan alami bagi tubuh. Antioksidan ini diperoleh dari kandungan vitamin yang ada pada gluta drink, serta kandungan dari glutathione. Dengan fungsinya sebagai antioksidan, berarti gluta drink mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Regenarasi sel

Sel-sel penting di dalam tubuh akan mengalami penurunan fungsi dan pada akhirnya akan mengalami suatu kerusakan. Mengkonsumsi manfaat gluta drink, maka sel tubuh yang mengalami kerusakan akan mengalami perbaikan, sehingga akan membentukĀ sel-sel tubuh yang baru.

3. Menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh

Dengan kandungan vitamin dan juga glutathione pada gluta drink, maka minuman ini mampu menjadi salah satu suplemen utama. Suplemen ini penting bagi tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya dan terjaganya daya tahan tubuh, maka anda akan :

  • Lebih tahan terhadap penyakit
  • Tidak mudah lelah dan letih
  • Selalu bersemangat dalam beraktivitas

4. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin E yang terkandung pada manfaat gluta drink untuk kulit ini menjadi salah satu perawatan kulit yang banyak dilakukan. Selain dapat memberikan nutrisi penting bagi kesehatan kulit, vitamin E juga dapat berfungsi untuk :

  • Mencegah terjadinya kanker kulit
  • Menjaga nutrisi dari kulit
  • Mencegah kerusakan-kerusakan pada kulit

5. Anti aging

Kandungan vitamin E dan juga antioksidan yang terkandung dalam gluta drink, memiliki manfaat lain sebagai salah satu metode untuk mencegah penuaan atau proses aging. Dengan minum gluta drink secara teratur setiap harinya, maka anda dapa memperkecil resiko aging pada diri anda.

6. Mengganti sel kulit mati

Gluta drink juga sangat bermanfaat untuk menggantikan sel kulit anda yang sudah mati. Hal ini akan menyebabkan kondisi kulit anda menjadi lebih segar dan cerah, serta tidak akan terlihat kusam.

7. Menjaga kelastisitas kulit

Kandungan vitamin E pada gluta drink lagi-lagi memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehtan kulit anda. dengan mengkonsumsi gluta drink, maka kondisi elastisitas alias kelenturan kulit anda akan terjaga, yang membuat kulit anda tidak mudah mengalami keriput.

8. Menghilangkan kerutan pada kulit

Masalah kulit yang sering mengganggu anda, terutama para wanita adalah masalah kerutan-kerutan kecil yang tidak terlihat, terutama pada bagian wajah. Kerutan ini merupakan salah satu indikator dari proses penuaan, yang dapat ditutupi dan dihilangkan oleh gluta drink, berkat kandungan collagennya.

9. Menghilangkan jerawat hingga bekasnya

Manfaat gluta drink juga bersifatĀ untuk mengobati, mencegah dan menghilangkan bekas jerawat pada wajah anda. hal ini akan membuat wajah anda menjadi lebih bersih dari noda ā€“ noda jerawat.

10. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin E dan collagen pada gluta drink sangatlah bermanfaat dan berkhasiat untuk mencerahkan kulit anda.

11. Menghaluskan kulit

Selain dapat menyehatkan kulit, mencerahkan dan menghilangkan kerutan ā€“ kerutan pada kulit anda, gluta drink juga memiliki manfaat yang penting untuk menghaluskan kulit anda. hal ini akan menyebabkan kulit anda yang tadinya kasar akan menjadi lebih halus.

12. Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Gluta drink memiliki kandungan collagen dan juga protein. Kedua zat ini memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut anda. gluta drink dapat menyuburkan rambut dan memperkuat akar rambut, serta mencerahkan kuku anda.

13. Memperbaiki DNA yang rusak

Manfaat gluta drink untuk kesehatan jugaĀ penting untuk pembentukan DNA tubuh. Terkadang ada beberapa DNA tubuh yang mengalami kerusakan. Dengan meminum gluta drink, maka kerusakan DNA yang anda alami dapat diperbaiki segera, sehingga tidak akan terjadi efek yang lebih buruk lagi.

14. Mengurangi kadar nikotin di dalam tubuh

Bagi anda yang gemar merokok, anda sepertinya wajib mencoba untuk mengkonsumsi gluta drink. Gluta drink memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi kandungan nikotin yang tinggi pada tubuh anda. nikotin merupakan salah satu zat yang terkandung pada rokok tembakau, dan memiliki efek yang sangat buruk apabila tertimbun dalam jumlah banyak pada tubuh manusia.

15. Mencegah dan menyembuhkan gangguan pernapasan

Gluta drink juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan pernapasan anda, dan dapat mencegah munculnya gangguan pernapasan. Berikut ini adalah beberapa gangguan pernapasan yang mungkin terjadi pada anda :

  • Asma
  • Sesak nafas
  • Bronchitis
  • Hidung tersumbat

16. Mencegah kulit menjadi kusam

manfaat lainnya dari gluta drink adalah dapat mencegah kusamnya kulit anda. dengan kandungan nutrisinya yang sangat penting bagi tubuh, maka gluta drink sangat baik untuk mencegah dan menghilangkan kusam pada kulit anda.

17. Memperlancar pencernaan

Gluta drink dapat melancarkan pencernaan anda, dan juga dapat mencegah munculnya berbagai gangguan-gangguan pencernaan serta infeksi pada saluran pencernaan, seperti :

  • Diare
  • Wasir
  • Sembelit
  • Susah buang air kecil
  • Nyeri dan iritasi pada lambung dan usus

18. Membantu meningkatkan massa otot

Gluta drink memiliki kandungan protein sebanyak 1 gram per penyajiannya. Manfaat gluta drink untuk diet ini dapat dikonsumsi secara rutin untukĀ pembentukan badan. Karena protein dalam gluta drink mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan protein dalam satu hari.

19. Membuat rileks

Gluta drink juga memiliki kandungan bubuk coklat. Seperti sudah diketahui sebelumnya, coklat memiliki manfaat yang berefek menenangkan dan membuat rileks, sehingga dapat menurunkan tingkat stress seseorang.

Penyajian Gluta Drink

Gluta drink memiliki rasa coklat yang manis dan lezat ketika dikonsumsi memiliki banyak sekali manfaat. Untuk memperoleh manfaat dari gluta drink ini, anda dapat mengkonsumsi secara rutin dengan menggunakan pedoman aturan penyajian berikut :

  1. Tuangkan 3 sendok makan gluta drink ke dalam gelas yang bersisi kurang lebih 200 cc air (dingin ataupun panas )
  2. Aduk hingga rata, dan langsung diminum
  3. Konsumsi 2 kali dalam sehari dan minum secara rutin setiap harinya untuk mengoptimalkan manfaat dari gluta drink.

Nah, itulah beberapa manfaat gluta drink dan beberapa tips menyajikannya yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh yang lebih optimal.

 

Blog di WordPress.com.

Atas ↑