Manfaat Memakai Handbody Sebelum Tidur Malam sangat banyak sekali, karena akan membantu menutrisi kulit dan bahkan untuk hal yang tidak terduga. Handbody lotion atau yang umum dikenal dan disebut dengan istilah handbody adalah salah satu element yang nyaris selalu ada di kotak make-up atau meja rias siapapun. Tak hanya wanita, kaum Adam pun tak jarang menggunakan handbody karena ia dipercaya dapat menghindarkan kulit dari kekeringan dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan kulit. Jika tak menggunakan sunblock, maka mereka yang terbiasa memiliki kontak dengan matahari dipastikan akan menggunakan handbody karena memang memiliki efek menyejukkan kulit.

Umumnya, handbody digunakan setelah mandi atau sebelum beraktivitas di luar. Aroma handbody yang harum dan menyejukkan juga akan menambah kepercayadirian pemakainya ketika berinteraksi dengan orang lain. Apalagi dengan menggunakan handbody, tangan pemakainya akan lembut sehingga ketika bersalaman, ia bisa meninggalkan kesan mendalam. Selain pemakaian setelah mandi atau sebelum berangkat ke luar rumah, handbody juga umum digunakan di momen-momen lain semisal setelah luluran, ketika bekeringat juga sebelum tidur malam.

Beberapa pakar kecantikan bahkan merekomendasikan pemakaian yang demikian dijadikan rutinitas dan kebiasaan karena manfaatnya yang begitu besar. Beberapa di antara manfaat menggunakan handbody sebelum tidur malam adalah sebagai berikut;

1. Memperbaiki Kekenyalan dan Elasitisitas Kulit

Manfaat Memakai Handbody Sebelum Tidur Malam yang pertama adalah untuk kulit. Sebagian besar handbody memiliki kandungan pelembap atau moisturizer yang dapat memperbaiki kekenyalan serta elastisitas kulit. Dua hal tersebut dapat berkurang kadarnya bahkan rusak ketika kulit mengalami kontak dengan sinar matahari sehingga pemakaian handbody sebelum tidur berfungsi memperbaiki kerusakan tersebut dan mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit. Apalagi pada malam hari, kulit banyak kehilangan kandungan air sebanyak kurang lebih 25% sehingga kelembabannya akan berkurang. Di sini, handbody memainkan peran penting dalam mengembalikan bahkan meningkatkan kelembaban kulit tersebut.

2. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Normalnya, kulit mengalami regenerasi setiap 28 hari sedang pelepasan sel-sel kulit mati setiap 28 jam. Handbody yang dioleskan di malam hari dapat mempercepat regenerasi karena mampu melepas sel-sel kulit mati lebih cepat dari biasanya. Ini juga didukung oleh faktor waktu di mana malam hari merupakan momen ketika proses regenerasi bekerja maksimal yang ditandai dengan terbukanya pori-pori kulit. Ketika proses regenerasi kulit terjadi lebih cepat, kesegaran, kelembaban dan kesehatan kulit dapat terjaga karena sel-sel kulit mati yang menjadi benalu otomatis tergantikan dengan sel kulit baru.

3. Mengatasi Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Mengoleskan handbody di bagian-bagian tubuh yang rentan kering atau pecah-pecah, semisal tumit, lutut dan siku sebelum tidur dapat sangat efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Ini disebabkan pada saat tidur, kulit dapat menyerap seluruh nutrisi yang terdapat dalam handbody dan pemakaianya cenderung tidak banyak bergerak sehingga bagian-bagian yang pecah dan kering bisa perlahan diatasi.

Selain itu secara umum, handbody juga dapat menyegarkan kulit dan mencegahnya dari kekeringan baik karena sinar matahari atau efek pemakaian Air Conditioner di tempat kerja lebih-lebih di tempat tidur. Untuk itu, jika kamar tidur Anda ber-AC, pastikan Anda menggunakan handbody sebelum tidur malam sehingga kulit Anda tidak kering dan dapat tetap tampak segar serta sehat.

4. Membantu Menciptakan Tidur yang Berkualitas

Aroma wangi dan menyejukkan dari handbody dapat membantu Anda memiliki tidur yang berkualitas karena suasana nyaman dan rileks yang Anda rasakan. Setelah beraktivitas seharian dan didera rasa lelah, terapi yang diberikan aroma dan kelembutan handbody dapat mempercepat proses Anda terlelap, mencegah insomnia dan memberi Anda momen tidur yang berkualitas.

5. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi

Menggunakan handbody sebelum tidur malam dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi karena pori-pori kulit tengah terbuka pada waktu malam hari. Nutrisi yang terkandung dalam handbody tak jarang tidak terserap sempurna oleh kulit karena posisi pori-pori yang tertutup atupun terhalangi oleh kotoran dan bakteri yang menempel. Karena itulah pemakaian handbody juga disarankan setelah mandi karena ketika itu, kulit berada dalam keadaan bersih dan karenanya ‘siap’ menerima nutrisi. Dengan demikian, memakai hanbody sebelum tidur malam dan setelah mandi merupakan treatment yang sempurna untuk kulit Anda.

6. Menyehatkan Kulit

Malam hari adalah waktu kulit bekerja sehingga jika Anda dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik, kulit Anda akan sehat dan segar. Selain mendapat nutrisi dari asupan makanan yang Anda konsumsi, kulit juga membutuhkan asupan langsung seperi dari handbody, sunblock, krim malam dan lain sebagainya. Di antara macam-macam nutrisi untuk kulit tersebut, handbody terbilang yang paling umum dan paling dasar sehingga memakainya secara rutin adalah kebutuhan mendasar bagi kulit Anda.

7. Mengusir Nyamuk

Selain menjadi ‘jam makan’ kulit, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menggunakan handbody karena aroma wangi yang dimilikinya juga berguna dalam mengusir nyamuk. Salah satu faktor yang dapat merusak kualitas tidur adalah gangguan nyamuk yang tak hanya menggigit, akan tetapi juga mengeluarkan bunyi yang menggangu. Dengan menggunakan handbody sebelum tidur malam, Anda dapat meraup dua keuntungan, yakni terhindar dari serangan nyamuk sekaligus melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda.

Iklan