886541_65960a7d-2ec4-4ed0-aea7-5f3e17a9aa1c.png

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang keberadaannya begitu penting sebagai pelengkap masakan. Tidak hanya itu, namun manfaat bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat dari beragam jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga jenis penyakit yang berat sekalipun. Bawang putih mengandung  iodin serta sulfur yang mampu membuat peredaran darah menjadi lancar. Bawang putih juga berguna untuk mengatasi gangguan lain  seperti kedinginan, selulit, bengkak akibat cairan, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. Memakan bawang putih secara teratur dapat pula meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Kandungan Pada Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat yang menguntungkan bagi kesehatan. Bawang putih memiliki zat yang disebut alisin yang berguna sebagai antibiotik di dalam tubuh. Manfaat antibiotik memiliki fungsi sebagai zat untuk melawan kuman serta baksil penyebab berbagai penyakit seperti :

  • tifus
  • gonore
  • disentri
  • tuberkulosis
  • difteri

Selain itu, bawang putih juga mengandung B1 yang bagus untuk meningkatkan stamina. Bawang putih merupakan obat berbagai jenis penyakit yang tidak boleh diremehkan. Namun baunya yang menyengat terkadang membuat orang malas mengonsumsinya. Untuk itu, sebelum digunakan, anda dapat menggunakan madu untuk mengurangi bau tidak sedap dari bawang putih itu sendiri. Bau dari bawang putih yang menyengat berasal dari kandungan zat belerang pada alisin dari bawang tersebut.

Penggunaan bawang putih untuk mengatasi masalah kesehatan, biasanya menggunakan bawang putih tunggal atau yang sering disebut pula dengan bawang putih lanang. Bawang putih lanang jarang digunakan untuk bahan masakan karena, cenderung digunakan sebagai obat. Meskipun baunya menyengat namun banyak orang tidak ambil pusing dengan baunya saat dikonsumsi. Berikut ini sejumlah manfaatnya :

1. Sebagai obat influenza

Bau yang menyengat dari bawang putih lanang ternyata bermanfaat untuk merangsang kerja membran mocus. Hal ini berguna dalam membuat saluran pernafasan yang tersumbat lendir menjadi lebih lega. Kandungan sulfur dalam bawang putih dapat mengatasi batuk dan sakit flu. Bawang putih lanang juga memiliki kandungan yang berupa zat phytochemical yang ampuh dalam membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Sebagai anti radang

Bukan hanya berguna dalam mengatasi radang tenggorokan, bawang putih lanang juga dapat digunakan untuk mengatasi radang.

3. Menurunkan kolesterol dalam darah

Bawang putih lanang memiliki kandungan zat gizi yang dapat melindungi kesehatan jantung dari pengaruh buruk kolesterol. Cara menggunakan bawang putih lanang untuk menurunkan kolesterol cukup mudah yaitu dengan cara secara rutin mengkonsumsinya.

4. Menyuburkan rambut

Untuk mengatasi rambut rontok menggunakan bawang lanang, dapat digunakan dengan cara menggosokkan siung bawang putih secara menyeluruh pada kulit kepala. Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara rutin menggunakannya.

5. Bagus untuk ibu hamil

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan dokter I Das di laboraturium Academic Department of Obsterrics and Gynaecology di daerah Chelsea, mereka menemukan jika bawang putih bagus untuk menambah sistem imun serta menghindari terjadinya komplikasi pada persalinan.

6. Obat bagi penderita diabetes

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat diabetes dapat dilakukan dengan cara  mengonsumsi bawang putih dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan.

7. Mampu mengatasi jerawat

Jerawat dapat diatasi menggunakan bawang putih lanang dengan cara mengoleskan bawang putih pada jerawat. Lakukan secara rutin setiap hari agar jerawat kempis. Penggunaan bawang putih lanang juga dapat digunakan untuk menghindari tumbuhnya jerawat yang menyebar. Untuk menghindari datangnya jerawat lagi, ada baiknya jika anda secara rutin menjaga kebersihan wajah anda selain itu, gunakan produk kecantikan yang cocok dan biasakan membersihkan make up sebelum anda beristirahat malam.

8. Meningkatkan daya ingat

Bukan hanya digunakan untuk pengobatan serta alat kecantikan, bawang putih lanang juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat. Banyak penelitian yang telah dilakukan dan menghasilkan kesimpulan jika bawang putih lanang dapat memanjangkan umur sekaligus, mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini terjadi karena bawang putih memiliki kelebihan yang mampu menekan beragam potensi kerusakan sel neuron pada otak. Hebatnya lagi bawang putih lanang dapat memicu pertumbuhan sel neuron yang baru dan lebih unggul. Bawang memiliki kandungan yang bernama limfosit yang berperan dalam melawan infeksi.

9. Mengatasi asma

Mengatasi gangguan pernapasan seperti asma dapat dilakukan dengan cara mencampur bawang putih menggunakan manfaat madu. Konsumsi setiap hari hingga gangguan kesehatan yang anda rasakan menghilang.

10. Mengatasi masuk angin

Cara mengatasi masuk angin menggunakan bawang putih lanang adalah dengan cara mencampur bawang putih lanang menggunakan madu. Konsumsi secara rutin tiap hari hingga penyakit berkurang dan hentikan.

11.  Untuk mengobati wasir

Wasir dapat diobati menggunakan bawang putih lanang dengan cara memeras air dari bawang putih dan gunakan untuk mengolesi bagian anus yang membengkak. Cara ini ampuh untuk mengecilkan hingga menghilangkan wasir.

12. untuk meningkatkan stamina pria

Bawang putih lanang bagi kaisar China bukanlah hal yang baru. Kaisar China menggunakan kehebatan bawang putih lanang untuk meningkatkan stamina dalam berhubungan badan dengan para selirnya.

Cara menggunakan bawang putih lanang untuk menambah stamina pria cukup mudah yaitu dengan:

  • memarut bawang putih lanang secukupnya
  • sediakan air panas lalu gunakan untuk melarutkan parutan bawang putih lanang
  • campur menggunakan madu dan gula untuk mengurangi baunya
  • konsumsi minuman sehat tersebut sebanyak 2 kali dalam seminggu.

13. Anti bakteri

Makanan yang terdapat banyak cacahan bawang putihnya dapat digunakan sebagai anti bakteri.

14. Mengatasi keracunan

Bawang putih dapat digunakan untuk anti racun karena mengandung banyak antioksidan.

15. Mengatasi penuaan dini

Bawang putih memiliki banyak kandungan antioksidan yang berguna dalam menghambat penuaan dini.

16. Obat sakit gigi

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bawang putih lalu letakkan pada gigi yang terasa sakit. Cara ini mampu meredakan rasa sakit pada gigi bahkan mampu menghilangkan rasa sakit tersebut.

17. Mencegah datangnya kanker

Bawang putih lanang mengandung sulfida yang berguna dalam melawan racun penyebab penyakit kanker. Sel kanker dapat dihambat penyebarannya melalui zat gizi yang terdapat dari dalam bawang putih.

Iklan