Cacing Lumbricus merupakan salah satu jenis cacing tanah yang memiliki banyak manfaat. Cacing tanah sendiri memang tampak menjijikkan namun dibalik rupanya yang tidak disukai sebagian besar orang, cacing tanah ini ternyata memiliki banyak fungsi terutama bagi kesehatan. Cacing tanah sendiri terdiri dari berbagai jenis yaitu sekitar 1800 spesies di seluruh dunia yang telah dikenali oleh para ilmuwan. Ada 2 jenis cacing tanah yang umum digunakan untuk pertanian yaitu cacing Lumbricus dan Eisenia Rubellus Fetida.  Cacing Lumbricus Rubellus merupakan hewan avetebrata yang tinggal di tanah yang subur dan lembab. Cacing tersebut merupakan cacing gologon epigeic.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan anti-bakteri yang dihasilkan oleh ekstraksi dari cacing tanah bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Beberapa manfaat dari cacing tanah tersebut bagi kesehatan yaitu :

1. Menyembuhkan penyakit tifus

Penyakit tifus merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai dan harus segera diobati. Ekstrak dari cacing lumbricus sudah cukup dikenal dapat mengatasi penyakit tifus ini. Kita bisa menemukan ekstrak cacing lumbricus ini di apotek-apotek dengan merek tertentu. Jadi sudah cukup mudah untuk menemukannya. Untuk proses pengolahannya sendiri menggunakan sistem higroscopy, langkah-langkahnya jika ingin mengolah sendiri yaitu :

  • Siapkan cacing tanah lumbricus rubellus lalu bersihkan sehingga terbebas dari kotoran tanah dan lainnya
  • Tuangkan air sebanyak 3 gelas untuk dosis 3 kali sehari ke dalam panci
  • Masukkan cacing tanah ke dalam air tersebut lalu rebus sampai mendidih
  • Saring kemudian ambil airnya. Dinginkan sejenak sebelum diminum.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol dalam darah perlu dijaga karena bisa menjadi penyebab berbagai penyakit lainnya. Ekstrak cacing tanah bisa dikonsumsi secara teratur untuk mengatasi masalah kadar kolesterol yang tinggi. Bisa dengan membuat ramuan sendiri atau menggunakan ekstrak cacing tanah instan yang berbentuk pil ataupun lainnya. Selain menggunakan ramuan cacing tanah, masalah kolesterol juga harus diatasi dengan mengubah pola makan menjadi pola makan yang lebih sehat.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat cacing tanah lainnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Memang ada banyak obat diperuntukkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, baik obat herbal ataupun kimiawi. Obat dari cacing tanah bisa menjadi salah satu obat alternatif yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan nafsu makan

Selain mengatasi berbagai penyakit, cacing tanah juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Ini bisa digunakan pada anak-anak yang kadang tidak doyan makan, padahal mereka membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk berkembang. Begitu juga pada orang sakit atau sesudah sakit yang mungkin nafsu makannya belum pulih.

5. Mengatasi infeksi pencernaan

Cacing tanah bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sama seperti penyakit lainnya, kita bisa menggunakan ramuan cacing tanah yang dibuat sendiri ataupun dengan membeli ekstrak yang berbentuk pil.

6. mengatasi masalah infeksi pernapasan

Selain masalah pencernaan, cacing tanah dapat mengatasi masalah infeksi pernapasan bahkan TB yang tergolong ditakuti banyak orang. Penggunaan yang tepat akan menjadikan cacing tanah ini menjadi obat alami yang berkhasiat dan dapat diandalkan untuk mengatasi masalah pernapasan.

7. Sebagai makanan kesehatan

Cacing tanah tidak hanya dapat digunakan sebagai obat tapi juga sebagai makanan yang sehat. Di beberapa negara khususnya di Asia dan Afrika, cacing tanah dimasak untuk dikonsumsi. Cacing tanah tersebut biasanya dibersihkan dan dibelah. Setelah itu cacing tanah di jemur sampai kering sebelum digoreng. Cacing nantinya akan berubah menjadi keripik cacing. Makanan keripik cacing ini ternyata diduga dapat mengatasi masalah pencernaan yang ada di negara-negara miskin sehingga dapat menekan angka kematian karena diare.

8. Sebagai enzim penghancur gumpalan darah

Gumpalan darah dalam tubuh cukup berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti stroke. Penelitian di Kanada kemudian menstandarkan enzim cacing tanah atau enzim lumbrokinase sebagai obat stroke. Enzim lumbricus dinamakan dengan lumbrokinase yang bekerja sebagai enzimproteolitik.

9. Sebagai bahan kosmetik dan stimulan

Cacing tanah ternyata dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dengan memiliki senyawa aktif yang digunakan sebagai bahan obat. Produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan cacing tanah misalnya pelembut, pelembab, dan produk anti infeksi. Selain itu produk-produk tonukum juga banyak yang menggunakan bahan ekstrak cacing tanah.

Jadi cacing tanah ternyata memiliki berbagai manfaat yang terus dikembangkan menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Penelitian tentang cacing tanah lumbricus juga telah diadakan oleh ilmuwan di berbagai negara. Selain itu cacing tanah juga telah dikenal sebagai bahan makanan sehat di berbagai kebudayaan. Masyarakat awam tidak perlu ragu untuk menggunakan ramuan atau obat cacing tanah namun perlu memperhatikan penggunaan dan pengolahan yang tepat.

Iklan